Sunday, October 25, 2009

Pesta Blogger 2009

Wah, setelah datang ke Pesta Blogger 2009 tepatnya tanggal 24 Okteober 2009, ternyata banyak banget pelajaran yang aku dapat. Juga banyak mengenal blog² yang belum pernah dilihat. Juga bisa melihat tampang² para blogger. Selama ini hanya bisa chat aja di blog, kadang tukar link.

Awalnya aku berangkat sendiri ke lokasi, karena emang ga ada teman yang datang. Tapi, disanalah aku bertemu teman² blogger. Setelah di sana, yaaa ga jauh obrolannya tentang Blog, namanya juga pesta blogger, masa bicara yang lain, hehehe. Sambil menunggu acara, aku juga liat² apa yang bisa di liat. Aku sih cuma fokus tempat makanan, tapi lom ada yang bukan, karena dari rumah ga sempat makan. Makanya lapar banget. Mana kepagian lagi datangnya, maklumlah baru pertama, jadi takut telat. Setelah ga kuat lagi, terpaksa deh cari ke pinggir jalan. Dan ternyata ada tukang gorengan. Akhirnya aku beli juga 6 buah, pas uda di bayar ternyata gorengannya kek uda lama gitu rasanya, makan 1 aja langsung di buang lagi. Sial deh gue, terpaksa ke warung cari mimum.

Nah, sebelum acara di mulai, aku juga ga lupa ambil baju dari BLOGdetik, karena aku juga dapat baju, lumayan deh, ada baju dengan tulisan url blog sendiri. ga berapa lama kemudian masuk deh keruangan, ngikutin acara, lumayan rame juga. Sambil mendengar Menkominfo dan dari Community Blogger lainnya, ga terasa uda waktunya makan siang. Langsung deh makan.

Setelah selasai makan, masih deh ke sesi inti. Nah, kebetulan aku disini masuk sesi Blog Ethic. Begitu serunya perdebatan dari pembicara² yang emang benar punya basic hukum. Aku sih bingung saat mereka menyebut pasal². Karena aku sendiri ga tau is pasal tersebut. Dan hasilnya emang belum bisa dipastikan UU yang mengatur blogger untuk menulis. Intinya prilaku dari blogger tersebut.

Nah, setelah acara selasai waktunya bagi² hadiah, begitu banyaknya blogger yang beruntunng. Salut ama sponsor Pesta Blogger 2009. Begitu besarnya hadiah² yang diberikan. Nah disini aku kurang beruntung. Aku tak mendapatkan hadiah sama sekali. Nah, setelah selesai, semua blogger Indonesia foto² di atas panggung. Begitu gembiranya. Abis itu gue keluar deh, santai dulu sebelum pulang. Disinilah aku berpikir akan merubah blog aku, sambil santai di depan gedung aku merenung, keknya URLnya terlalu panjang dan judulnya juga harus diganti. Karena blog ini punya ku sendiri, bukan diurus orang banyak ( komunitas ). Seperti halnya seorang anak, yang sering sakit²an, konon dikatakan karena terlalu berat menyandang nama, makanya diganti. Mungkin seperti itulah blog aku. Dan aku masih mencari nama yang bagus. Semua berawal di Pesta Blogger 2009. Begitu banyak hal yang aku pelajari. Terima kasih Pesta Blogger 2009, aku tunggu pesta berikut yaitu Pesta Blogger 2010.

Saturday, October 17, 2009

Selamat!!! Anda Berhak Kaos Eksklusif…

Tadi pagi saat sampai kantor aku buka email. Kebetulan lagi ga ada kerjaan. Biasanya ga sempat buka email. Bukanya pas mau pulang aja. Nah email Paling atas untuk tanggal 16 Oktober 2009 adalah dari Karel yang subjeknya rada panjang juga. Seperti ini, “Selamat!!! Anda Berhak Kaos Eksklusif…“. Aku sempat mikir apakah ini undian atau apa yaaa. Pas Aku buka ternyata isinya begini:

Selamat!!
Anda adalah salah seorang dari 50 orang yang berhak mendapatkan 1 (satu) t-shirt eksklusif bertuliskan alamat url pribadi blogdetik anda sendiri.
URL T-SHIRT : everton.blogdetik.com
T-shirt dapat diambil pada saat pelaksanaan pesta blogger 2009 di stand detikcom dan dapat anda pakai pada pesta blogger 2009 berlangsung.
Untuk mempermudah pengambilan, anda disarankan untuk membawa printout dari e-mail ini.
Terima Kasih &
Sampai jumpa di Pesta Blogger 2009
ttd
COMMUNITY PROGRAM DETIKCOM
Wah, aku langsung senang banget. Kini aku dapat juga, padahal pas daftar agak pesimis juga. Tapi, emang namanya usaha dan doa. Kalau uda begini, pasti ngeblognya lebih semangat lagi. Terima kasih team BLOGdetik dan Pesta Blogger. Selalu tetap semangat buat acara. Dan buat para sobat blogger, teruskan semangat untuk selalu berbagi pengetahuan.

Monday, October 5, 2009

Jadi Posting Pilihan Di Blogdetik



Wah  belum lama nulis artikel di blog ini. Yaitu tentang "Login Facebook Tanpa Menggunakan Email", terus aku iseng buka detik.com. Terus aku kepikiran, "Keknya alu dulu pernah buat blog deh di detik". Nah pas aku login, dan ternyata berhasil. tapi belum di install blognya. Aku coba install aja, ternyata gampang. Dan akhirnya aku punya blog di BLOGdetik.

Tapi, masih bingung mau ngisi apa yaa. Ya karena bingung mau isi apa, terpaksa aku coba impor semua artikel aku yang di blogspot ke BLOGdetik, tapi selalu gagal. Dan ternyata selidik punya selidik, keknya emang ga support. Ya udalah, daripada aku pusing, mending aku isi artikel aja. Karena belum ada ide, terpaksa aku coba COPAS aja dari blog aku. Dan cuma 2 aja yang cukup di post. Lalu ditinggal nonton trus ketiduran deh.

Keesokannya tepatnya tanggal 5 Oktober, aku coba bacak detik ( emang uda sering baca detik ). Pas aku lihat, kok blog aku ada yang di halaman posting pilihan ( Ngomong dalam hati ). Aku pikir² lagi, mungkin karena artikelnya di input dari IP internetku kali, makanya pas aku buka lagi dia baca IP jadi wajar aja masuk. ( Itulah yang aku pikirkan saat itu ). Ga lama kemudian, aku dapat telepon dari teman gue Wawan. Dia nelpon dari kantornya, ( Aku kirain panggilan kerja, hehehe ) terus ngomong, " Ton, lu nulis artikel ya di detik, ada masuk tuh posting pilihan". Aku jawab "Iya wan, serius lu masuk posting pilihan".

Nah, semenjak dia nelpon. Baru aku yakin, ternyata benar artikelku masuk posting pilihan. Wah, senangnya bisa masuk posting pilihan. Makasih ya Detik. Nah, keknya harus diteruskan nih blog, mungkin aja bisa bermamfaat, apalagi detik sering ngadain perlombaan. Biasanya, kalau ngeblog dari detik sendiri, ada hadiah tambahan. Sapa tau aja aku salah satunya, semoga aja, karena lagi mau cari inspirasi nih buat perlombaan yang bertemakan Horee...!!. Semoga aja bisa bermamfaat.

Saturday, October 3, 2009

Login Facebook Tanpa Menggunakan Email

Zaman sekarang hampir semua sudah kenal facebook, dari anak SD sampai yang sudah kakek-nenek juga uda punya facebook. Benar ga yaa, tapi itulah kenyataan. Social Network yang satu ini benar² meledak. Ya mungkin karena diikuti perkembangan zaman, seperti akses yang internet yang murah, bisa di akses dari HP, sampai² sudah banyak HP yang merk ga jelas, yang penting bisa online. Dan terbukti, banyak yang harus mengocek kantong untuk beli HP demi online.

OK, langsung ke intinya aja. Disini aku akan membahas login facebook. Saat anda buka facebook, apakah anda menggunakan email, spt blabla@gmail.com atau blabla@yahoo.com atau blabla@yanglain.com. Begitu banyaknya hal yang harus kita ketik. Sementara fasilitas username masih banyak yang belum menggunakan. Aku uda survey ma teman² kuliah, teman² kosan. Ternyata masih ada yang belum tau, makanya aku buat sedikit tutornya. Sampai disini uda ada gambaran belum tentang artikel ini. Ya mungkin dengan gambar ini Anda sudah ada gambaran.


Gambar 1 : Username Login


Gambar di atas adalah contoh dari username facebook gue. Nah, kalau Anda belum pernah buat sama sekali, atau pernah buat tapi lupa usernamenya apa, ikuti aja langkah² ini:
  1. Pertama² Anda harus login dulu ke facebook
  2. Pada tools, kelik aja langsung menu Settings ( Pengaturan )
  3. Pada username pilih menu change. Bagi yang belum pernah membuat akan muncul menu username yang dianjurkan dari facebook. Biasanya Diambil dari nama Anda. Tapi bagi Anda yang kurang menyukai username tersebut, Anda bisa masukkan yang lain. 
  4. Pilih More akan muncul label untuk memasukkan username baru. Setelah Anda masukkan username, pastikan Check Availability untuk memastikan username tersebut uda digunakan atau tidak.
  5. Kalau sudah selesai username, tinggal Confirm aja, selesai deh.
Selamat mencoba ya. Buat sobat blogger, follow aku yaa, ntar aku follow balik, trus tukar link deh.