Sunday, October 10, 2010

Kerukunan Antarumat Beragama di Indonesia


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.

Di Negara kita ini ada 6 agama yang sebelumnya 5 agama, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Bhuda dan Konghucu (telah diresmikan oleh  Mantan Presiden Abdurrahman Wahid melalui Keppress No. 6/2000 ). Inilah kenyataan di negara kita sekarang, begitu beragamnya agama kita, dan semua satu tujuan yaitu Allah. Jadi, setiap kita punya kebebasan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Seperti yang tertulis di UUD 1945 Pasal 29 Pasal (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Pasal (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Banyak hal-hal baik agama kita ini, dan banyak juga hal-hal buruk yang ditimbulkan, mungkin karena faktor dari orang menjalankannya. Seperti contoh yang pernah saya lihat dan nonton di berita, pada natal desember 2009. Gereja-gereja di Jakarta di dukung oleh kaum Muslim, seperti membantu menertibkan lalu lintas, parkir, dll. Ini merupakan sudah contoh baik dalam menjalin perdamaian. Begitu juga contoh buruk yang baru ini muncul tentang kasus jemaat HKBP.

Disetiap agama juga pasti kita diajarkan untuk hidup rukun antarumat beragama, karena kita bukan cuma 1 kepercayaan. Negara kita banyak keragaman, sampai ada ‘agama’ yang dianggap belum jelas statusnya, untuk saya tidak bahas di sini.

Yaitulah keragaman kita di Indonesia, pasti ada baik buruknya suatu yang ditimbulkan, tergantung dari kita sendiri untuk menanggapinya. Semisal ada bom di gereja di kota x, kenapa banyakan orang langsung menuduh agama lain. Ini sudah sering terjadi sebelumnya. Coba saja kita berpikir positif dulu (walaupun udah pada emosi dengarnya), biarkan pihak yang berwajib menelusuri (walaupun kadang lambat / tutup kasus).

Intinya saya mengajak disini untuk hidup rukun beragama, bukan kebersamaan itu indah? Sudah pasti jawabannya ‘Ya’, tapi bagaimana pelaksanaannya.Setiap orang pasti punya cara berbeda untuk menghargai / menghormati. Seperti saya sendiri, saya paling gak suka ada keributan atau perang antarumat beragama. Saat saya mulai terpengaruh untuk membenci, saya akan coba menenangkan diri dan berdoa. Hal yang simpel initinya dimulai dari diri sendiri. Seperti kata pepatah ‘Jika anda ingin merubah orang lain, rubahlah diri anda terlebih dahulu”. Jadi temukan cara Anda untuk menguasai hati nurani Anda, untuk berpikikir lebih positif. Dan tanamkan dihati Anda kalau kebersamaan dan kerukunan itu INDAH dimata siapapun.

6 comments:

  1. Terkadang org susah mengendalikan luapan hati dan emosi... Nice articel...

    ReplyDelete
  2. salah satu kesulitan untuk kerukunan umta di indonesia adalah banyaknya kepentingan dari orang2 besar sehingga menimbulkan perselisihan arus bawah..
    entah atas nama agama atupun suku.. :(

    ReplyDelete
  3. jikalau semua tau pentingnya saling menghormati...jaman daku sma tmen ngumpul daku lengkap dr semua agama...bahakan waktu ada yg merayakan imlek sengaja menyiapakan makanan halal!!!daku cinta perbedaan!!

    ReplyDelete
  4. hidup rukun antar umat beragama memang indah.

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  5. Komonukasi antar kelompok masyarakat, termasuk kelompok agama, perlu ditingkatkan, agar tidak terjadi saling curiga yang bisa berujung pada konflik.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah baca artikel dini, ditunggu komentarnya yaaa.!