Memberikan Pengetahuan Tanpa Batasan Usia, Pandangan, dan Aturan. Hanya Memiliki Etika Dari Kita Sendiri.



Risiko Lari Pagi


Sekedar ngingetin saja. Hindari olahraga di pagi hari, karena bisa meningkatkan risiko terkena infeksi. Begitu saran para ahli. Bagaimana jelasnya?

Olahraga memang baik untuk tubuh. Apalagi bila dilakukan secara teratur, seperti
saran para dokter dan ahli kesehatan. Tapi, jangan asal olahraga, lho. Kita harus melakukannya pada saat yang tepat!

Penelitian terhadap lebih dari 400 atlit di Inggris, baru-baru ini, menyimpulkan bahwa atlit yang kerap berlatih di pagi hari, cenderung memiliki kadar kortisol tinggi dan IgA rendah. Apakah arti semua itu?

Mereka cenderung memiliki tingkat stres tinggi, kekebalan tubuh yang rendah, serta rawan terkena infeksi hidung dan mulut. Sebaliknya, atlit yang kerap berlatih di sore hari, cenderung memiliki kadar kortisol rendah dan IgA tinggi.

Kortisol adalah hormon stres yang bisa menghambat sistem kekebalan tubuh. Sedangkan IgA adalah besarnya aliran air liur, yang sangat berguna untuk melindungi hidung dan mulut dari infeksi.

"Ternyata tubuh kita memiliki jam biologis tertentu, yang justru bisa merugikan kita sendiri bila kita melanggarnya," ujar ahli. Lantas, apa yang harus kita lakukan?

"Waktu yang tepat adalah sore hari. Jadi bila Anda akan berolahraga, ya, sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari. Apalagi bila Anda baru sembuh dari sakit atau cidera."
Share:

2 komentar:




Labels

Asal Usul (4) Blog (10) Book (2) Cellular (1) CSCD (1) Google (3) Informasi (18) Internet (7) JB Online (2) Jookiz (4) Kuis (2) Lagu (1) Loker (3) Modif Motor (2) Motivasi (16) MotoGP (2) Movie (1) My Diari (27) P. Umum (17) Puisi (1) Tips (2)

Blog Archive